Sunday 25 March 2007

Ough... Ough... Ough...

Ough… Indonesia! Ough dunia perfilman! Ough… ough… ough…

Gila! Semakin hari semakin banyak aja sinetron yang plagiat dari dorama-dorama Jepang, Korea, atau taiwan. Bahkan film Amerika. Busyet…! Sebegitu miskinnya kah dunia perfilman di Indonesia, sampai nggak bisa cari penulis naskah yang punya kualitas? Peulissss dueh! Vie suka nulis dan Vie nggak pernah MAU nulis sesuatu karena nyontek dari orang. Koq bisa sih… mereka yang sudah melanglang di dunia tulis menulis, nyontek hasil karya orang lain?

Habis ide kah?

Faktor usia kah?

Atau…

Memang doyan nyontek?

Vie kira, korupsi cuma ada di dalam dunia politik. Bukan dalam lembaga perfilman. Dalam hal tulis menulis.

Ugh… Vie ngerasa kasian untuk mereka yang jenius dalam tulis menulis. Termasuk diri Vie sendiri. Vie kasian karena Vie nggak bisa eksis di dunia tulis menulis, meskipun Vie mampu. Yah… bukan karena faktor nama, tapi karena dari dalam diri Vie-nya juga yang rada-rada pengecut bahkan stupid.

Forget about me!

Terlalu banyak sinetron Indonesia yang SUMPAH kemiripannya dengan dorama luar bisa mencapai 80%, gila kan?! YUP!

Baru saja beberapa bulan yang lalu, waktu Vie liburan di rumah kakak Vie, Vie nonton film berjudul She’s The Man yang dibintangi Amanda Bynes, yang berperan di film What a Girl Want. Eh… kemaren, Vie nonton sinetron baru berjudul OLIVIA. SUMPAH! Mirip! Dibilang mirip BANGET, nggak. Dibilang NGGAK mirip, juga nggak. Yang pasti tuh sinetron adaptasi film She’s The Man.

Hm… nggak punya ide cerita yang spekta yah?

Nggak punya ide cerita yang bisa bikin heboh seperti sinetron Tersanjung?

Kalau dipikir-pikir, Vie lebih suka sinetron-sinetron dulu yang, memang sih, rada kuno. Tapi sinetron dulu punya trik sendiri dalam menggaet pemirsanya. Yah… walaupun sinetron dulu nggak pernah jauh dari HARTA, CINTA dan DENDAM. Sama dengan sinetron sekarang. Tapi sinetron sekarang tuh pelakunya anak SMP atau SMA. Kalau dulu, perhatikan deh, pasti cerita tentang keluarga. Kalau pun anak muda, palinga muda tuh Kuliahan. Sekarang sih… anak SD juga punya cerita.

Hm… kembali ke soal PLAGIAT.

MAU SAMPAI KAPAN ATUH HEY… KALIAN BUAT SINETRON YANG… MENGADAPTASI DARI FILM LUAR?

1 comment:

strawberrystory said...

ya.... apa mahu di kata.... emang, sepertinya Indonesia sedanhg krisis segala rupa, krisis kepercayaan.... skrg krisis kreativitas.... karunya teuing yah kita teh...ck..ck... cing atuh nya... kita teh maik ajah dibodohin sama bangsa sendiri. iraha rek maju atuh mun kieu wae mah nya... xixixi.... lah kok jdi sewot ya bo... ya udah phoy, kita bikin juga... judulnya "The Jungle of Jackfruit". yang main nya kitah2 aja, ente penulis skenarionya oceh... ahahaha ngayal....