Friday 23 February 2007

Arti Sebuah Nama

Ada pepatah yang mengatakan, “apalah artinya sebuah nama”. Hus, sapa bilang nama nggak punya arti. Hm… setiap orangtua pasti ingin memberikan nama yang bagus, indah bahkan aneh untuk anaknya. Untuk nama aneh tilik saja nama putra dari Melly Goeslow. Percaya deh, nggak ada yang kepikiran untuk memberikan nama Anakulelaki (itu bukan sih namanya? Kalau salah, maaf ya Mba Melly? Hehe…).

Dulu, zamannya ibu&papah kita brojol ke dunia, mungkin nama Bunga dan bunga-bungaannya (maksudnya seperti Mawar, Melati, Kamboja… emang ada ya yang namanya kamboja? Hii…) termasuk nama yang aneh. Tapi di zaman kita, cewek bernama Bunga udah pasaran. Artis aja (yang Vie tahu ya) ada Bunga C. Lestari dan Bunga Zainal. Belum temen Sekolah Dasar Vie, Bunga Rinadi Sandy dan teman kuliah Vie, Bunga Musdalifa (penting ya nyebutin nama mereka? Mana ada orang yang kenal mereka, mereka kan bu-kan selebritis).

Soo, nama Bunga nggak asing ditelinga lagi bukan? Ya… kecuali kalau ada anak cowok yang namanya Bunga, itu masih aneh.

Hm… kira-kira nama yang sama dengan Bunga untuk cowok apa ya?

Batang?

Daun?

Akar?

Biji?

Aih… dari keseluruhan tumbuhan memang cuma “bunga”-nya aja yang pas/cocok dijadikan sebuah nama (cewek tentunya).

Kelopak, putik dan benang sari kan bagian dari bunga, berarti pas/cocok untuk dijadikan sebuah nama dong?

Hmm… nggak deh!

Nama aneh! Hmm… kira-kira di masa depan nama aneh apa yang bakalan digunakan?

Yang jelas bukan buah-buahan. Soalnya Vie sudah menemukan anak di zaman ini yang bernama Melon (nih anak cowok loh) dan Cherry (kalau ini cewek, pastinya!). Mungkin bakalan aneh kalau namanya Buah Melon. Hihi… bener-bener aneh, dan nggak enak didengar. Jadi mendingan nggak usah deh kalau namanya Buah Melon.

Bukan juga yang berbau alam seperti; Bumi (Langit belum ada kan?), Guntur (Gledek/Petir belum ada tuh), Bulan (Nama Sabit/Purnama juga ada), Bintang (Planet belum ada, nama-nama planet juga), Bayu, Gema (Gaung udah ada belum?), Flora (Fauna belum ada tuh, berminat?).

Oh ya, untuk benda elektronik juga ada yang udah digunakan sebagai nama, yaitu Komputer. Yang nonton audisi Indonesian Idol tahun kemaren pasti tahu.

Hah… soo many unique named. Ha! Jadi keingetan, nama Unique udah ada bo! My little niece.

Jadi apa dong nama aneh di masa yang akan datang?

Yah… kita lihat nanti aja, apa nama aneh yang paling baru. Siapa tahu KAMU di masa depan akan memberi nama anaknya dengan nama Hutan, Sungai, Rawa, Goa, Monyet, Jerapah, Onta, Kuda, Cumi, Tentakel, Angin Sepoi-sepoi, Hujan, Banjir, Gempa, Longsor, Tsunami, Puting Beliung, Ketel, Blender, Mixer, Plastik, Payung, Sepatu, Sabun, Dashboard, Laptop, Air Condisioner, dan lain-lain.

Yang bener aja namanya kayak gitu! Itu sih namanya nggak sayang anak.




Hoho’



NB: nama panjang Vie adalah Revina Julian Rahayu. Standart ya? Memang, tapi Vie suka. Karena nama itu memiliki sebuat arti yang tersirat. Cieh…

3 comments:

Anonymous said...

klo menurut aku sih,,nama tuh sangat sakral banget..karena nama bisa mempengaruhi karakteristik seseorang..(ga'' percaya silakan analisa sendiri) dan akan mempengaruhi urutan pemanggilan oleh yang maha kuasa ketika semua manusia berkumpul dipadang yang sangat luas dihari nanti.
Jadi klo bisa nama seseorang harus mempunyai makna,klo bisa minal lughotul arabiyah.

strawberrystory said...

heh kamuh, bcanda bukan???? masa nama aku mau diganti jadi Dewi Puspita...??? gara2nya teh, ibuku nanya ke "org pinter" gitu. katanya nama dewi udah bagus, yg bikin berat itu ratna juwita nya, yg bikin sayah gordat teh cunah nama belakang eike. bener kitu???? nya meneketehe.... wallahualam....

raka said...

lam kenal ....
aku posting apalah arti sebuah nama, gambar di blog kamu aku pake yaaa

tks